Minggu, 29 Juli 2018

Perbedaan Air Cooler Dan Air Conditioner, Mulai dari Ukuran Fisik Hingga Hasil yang Diberikan

 
Kalau Anda belum tau bedanya air cooler dan air conditioner, mungkin Anda bisa simak artikel tentang apa itu air cooler. Saat ini di Indonesia mulai marak alat pendingin bernama Air Cooler yang mirip dengan Air Conditioner. Sehingga membuat kebanyakan orang berfikir bahwa alat tersebut merupakan AC mini portabel, membuat bingung banyak orang. 

Penamaan itu bukanlah tanpa sebab. Kepopuleran AC sebagai pendingin ruangan membuat banyak orang menganggap bahwa air cooler sama dengan air conditioner. Padahal Alat tersebut berbeda jauh dengan Air Conditioner. Agar Anda tidak termasuk orang yang salah kaprah dalam penamaan Air Cooler ini, simak perbedaan air cooler dengan air Conditioner berikut:

Air Cooler atau Air Humidifier

Air Cooler atau Air Humidifier adalah alat yang dapat menghasilkan udara sejuk dan masuk kedalam golongan perangkat pendingin ruangan atau penyejuk ruangan. Dengan ukurannya yang mini tersebut, maka fleksibilitas Air Cooler dapat dimanfaatkan dengan baik. 

Dari hari ke hari perkembangan Air Cooler ini meningkat pesat bahkan sampai bentuk dan diameter dari sebuah Air  Cooler dibuat menjadi lebih mini daripada Air Conditioner sehingga alat ini lebih portabel untuk diletakkan berbagai tempat. Bahkan saat ini juga ada Air Cooler mini yang ukurannya panjangnya hanya 15 CM sehingga dapat di masukan kedalam tas.

Air Cooler dibekali dengan tabung yang berfungsi untuk pengisian air, beberapa air Cooler menggunakan busa sehingga pengisian airnya dapat dilakukan dengan cara disiram.

Air Cooler bekerja dengan cara Air Cooler adalah air dikeluarkan sedikit demi sedikit bersamaan dengan hembusan angin yang berasal dari kipas Air Cooler, Udara yang dihasilkan Air Cooler akan terasa dingin dan sejuk karena udaranya mengandung air dingin.

Agar semakin sejuk, beberapa pengguna Air Cooler menaruh es didalam bak air dari Air Cooler mereka. Semakin lama Air Cooler ini dipakai kelembapan yang dihasilkanpun akan semakin tinggi. Air Cooler cocok digunakan pada saat cuaca sedang panas.

Air Conditioner(AC)

Air Conditioner adalah mesin yang diciptakan dari hasil modifikasi dari mesin kulkas. Alat ini dipakai untuk memberikan udara yang sejuk dan sehat dan menyediakan uap air yang dibutuhkan tubuh. Air Conditioner juga dimanfaatkan untuk memberikan kenyamanan bagi orang yang merasakan angin dari Air Conditioner. 

Di lingkungan perkantoran, Air Conditioner digunakan sebagai salah satu cara supaya produktivitas dalam bekerja dapat meningkat. Karena tingkat kenyamanan dalam bekerja di perkantoran dipengaruhi oleh temperatur ruangan, kelembapan, sirkulasi dan kebersihan udara, sehingga dipakailah Air Conditioner sebagai solusi atas semua itu.

Air Conditioner adalah alat yang menghasilkan dingin dengan cara menyerap udara panas sekitar ruangan. Disitulah perbedaan antara Air Cooler dengan Air Conditioner. Pendinginan udara bisa terjadi karena adanya pemindahan panas. Bahan yang digunakan Air Conditioner sebagai pendingin udara adalah Refrigeran. 

Refrigeran ini tidak digunakan pada Air Conditioner saja tapi juga digunakan pada Alat pendingin makanan(Freezer) ataupun Kulkas. Namun Refrigeran yang digunakan tiap mesin berbeda dan pemakaiannya harus dikhususkan sebagaimana semestinya. Untuk Air Conditioner sendiri memerlukan Refrigeran khusus begitu juga dengan mesin refrigerator yang lain.

Air Conditioner juga bisa dibilang alat yang rakus akan sumber daya listrik. Walaupun sudah banyak dilakukan inovasi teknologi membuat Air Conditioner menjadi lebih awet daya listrik, tetap saja inovasi yang ada tidak berperan banyak dalam menghambat pemakaian listrik Aie Conditioner ini.
Melalui artikel di atas bisa disimpulkan jika Air Cooler dan Air Conditioner sama sekali berbeda. Semoga dengan artikel ini Anda bisa sedikit paham atas perbedaan dasar dari Air Cooler dan Air Conditioner.

0 on: "Perbedaan Air Cooler Dan Air Conditioner, Mulai dari Ukuran Fisik Hingga Hasil yang Diberikan"