Rabu, 07 Februari 2018

5 Destinasi Wajib yang Harus Didatangi di Yogyakarta


sumber gambar: kastayatour.com


Jika tidak ingin pergi ke tempat-tempat nuansa pantai, Anda dapat mempertimbangkan untuk berlibur ke Kota Yogyakarta. Tempat liburan yang satu ini memiliki sejumlah objek wisata yang pastinya menarik, tanpa harus mencari pantainya. Manfaatkan saja ticket murah pesawat dari Jakarta ke Yogyakarta dan sebaliknya jika memang Anda tertarik mengunjunginya dalam waktu dekat ini.
Selain itu, harga-harga yang ditawarkan di Kota Jogja ini terbilang bersahabat, sehingga kita tidak perlu khawatir untuk banyak mengeluarkan banyak uang.
Di mana sajakah itu? Berikut ini adalah ulasannya:
Malioboro
Malioboro bisa dikatakan sebagai salah satu tempat wisata di Kota Jogja yang paling difavoritkan oleh para wisatawan di Indonesia, tak terkecuali mereka yang berada di luar negeri sekalipun.
Siapapun yang pergi berlibur ke Kota Jogja, seakan mendapat magnet tersendiri atau diwajibkan untuk pergi ke Malioboro, karena bisa dibilang tempat ini merupakan tempat liburan khas dari Jogja,
Di Malioboro ini, para wisatawan bisa membeli banyak barang-barang yang di jual di kawasan tersebut. Mulai dari makan-makan wisata kuliner, lalu ada juga pernak-pernik yang unik, atau dapat berbelanja pakaian khas Indonesia yaitu batik. Pengunjung juga dapat duduk nongkrong santai di bangku-bangku yang disediakan di trotoar oleh pemerintah setempat, sambil mendengar dan melihat pengamen-pengamen yang kreatif.
Karena Malioboro sudah diketahui oleh banyak masyarakat setempat, maka banyak sekali kendaraan umum yang bisa menghubungkan dari tempat lain ke Malioboro.
Malioboro dibuka untuk umum, sehingga tidak ada tiket masuk. Para wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang untuk parkir kendaraan mereka atau membayar keperluan yang mereka inginkan.
Kebun Buah Mangunan
Untuk objek wisata yang berkawasan di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul, ini, perlu kesabaran yang tinggi agar bisa menikmatinya.
Mengapa? Hal itu dikarenakan mereka yang ingin datang dari pusat kota memerlukan jarak tempuh sekitar kurang lebih 35 km, dengan durasi perjalanan sekitar 1 sampai 1 setengah jam perjalanan.
Meski demikian, rasa lelah dan pegal yang didapat selama perjalanan seakan terbayar lunas ketika sudah tiba di lokasi wisata.
Disarankan untuk pergi ke tempat ini pagi hari, karena kita bisa melihat sebuah bukit dari ketinggian yang nantinya diselimuti dengan lautan kabut tebal. Tidak heran jika Kebun Buah Mangunan sering disebut juga Negeri Atas Awan di Jogja.
Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pesona Sungai Oyo yang mengalir berkelok-kelok.  Pengunjung juga nantinya bisa menikmati buah-buahan yang bisa dipetik sendiri di kebun tersebut.
Candi Borobudur
Jika Anda penyuka atau ingin mengetahui bagian sejarah dari Indonesia, maka Candi Borobudur merupakan salah satu tempat yang tentunya dinilai tepat.
Tempat ini termasuk juga dianggap tempat sakral, sehingga Anda tidak boleh marah jika ada banyak petugas yang banyak memberikan larangan untuk hal-hal tertentu.
Setiap dinding Candi Borobudur dihiasi dengan sekitar 2.672 relief serta kurang lebih ada 507 arca Buddha.
Meski tempat bersejarah dan juga tempat sakral bagi umat beragama Buddha, Candi Boroburu juga termasuk dalam bagian objek wisata di kawasan Yogyakarta.
Museum Affandi
Tempat liburan wisata lainnya yang berbau sejarah dapat Anda datangi di Kota Jogja, adalah Museum Affandi. Museum ini berada di Jalan Laksda Adisucipto 167. Sesuai namanya, dalam Museum Affandi ini tersimpan sejumlah koleksi lukisan pelukis andal milik Indonesia bernama Affandi, pada masa kehidupannya dan masih ktif berkarya.
Tidak hanya lukisan milik Affandi seorang, ada juga beberapa karya pelukis lain di museum ini. Jika ditotal, kurang lebih ada sekitar 300 benda seni yang disimpan dalam Museum Affandi. Selain itu pada museum ini ada juga berbagai benda serta beberapa koleksi foto yang menggambarkan perjalanan hidup sang pelukis.
Untuk masuk ke dalam Museum Affandi, pengunjung atau wisatawan perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk dengan harga 20.000 rupiah per orang.
Jam buka Museum Affandi juga tidak lama, yakni dari pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB, tetapi dibuka setiap hari. Namun, pada hari libur nasional, museum ini tidak dibuka untuk umum.
Alun-alun Kidul
Alun-alun kidul merupakan lapangan berumput yang letaknya berada di belakang keraton Yogyakarta. Tempat ini cukup ramai dikunjungi baik di siang maupun malam hari. Kendaraan yang menjadi khas di Alun-alun Kidul ini adalah Sepeda tandem dan becak hias, yang memadati jalanan yang melingkari tempat tersebut.
Di tempat Alun-alun Kidul ini, ada sebuah tradisi yang dikenal dengan sebutan Masangin. Tradisi ini adalah sebuah prosesi berjalan lurus melewati celah di antara dua pohon beringin dan tidak boleh melihat alias dengan mata tertutup.
Rata-rata, para pengunjung yang tertarik untuk mencoba prosesi ini tidak berhasil melewati celah di antara dua beringin tersebut. Kerap kali mereka malah berjalan miring ke kiri atau ke kanan.
Cari hotel murah yang dekat dengan Malioboro Yogyakarta agar Anda bisa merasakan denyut kehidupan kota budaya ini. Booking kamar hotel segera sebelum kehabisan karena biasanya saat liburan akan sulit mendapatkannya.

0 on: "5 Destinasi Wajib yang Harus Didatangi di Yogyakarta"